Tuesday, February 14, 2006

Finance Person yang Menyebalkan

Pagi ini dimulai dengan hal sangat menyebalkan. Sejawat di kantor (gw sekarang masih gak mau nyebut dia sebagai temen gw) dengan cueknya gak ngebantuin untuk ngebayar barang yang dibeli kantor gw lewat gw sebagai purchaser, padahal udah overdue. Alasan dia sangat 'angkuh', karena hari ini ada meeting di hotel, maka dia gak mau dateng ke kantor untuk ngirim satu email doang untuk ngejalanin pembayaran. Kalo emang rumah dia jauh dari kantor dan lokasi meeting, trus gak ada yang berangkat dari kantor sih mungkin gw masih pengertian. tapi ini kalo dia mampir dulu ke kantor, ngerilis pembayaran, baru jalan ke lokasi miting, paling gak makan waktu lebih dari 10 menit. Dan di kantor juga ada beberapa orang yang dateng ke kantor dulu baru berangkat ke tempat miting.

Kalo' misalnya issue ini baru mulai pagi ini sih mungkin gw gak bakal sesebel ini. Tapi ini semua udah mulai dari hari Jum'at (sekarang Selasa). Jum'at pembayaran untuk vendor gw mental. Gw trace bareng dia, ternyata nama di account penerima gak pas, itu pun udah bikin gw sebel, soalnya kalo' ditrack di sistem finance di kantor gw, pembayaran ke vendor yang sama dulu pernah berhasil, dengan semua data yang sama. Okay, data artinya harus dibenerin. Karena yang buat vendor bukan gw/departemen gw, gw harus minta tolong ke temen gw yang laen yang create vendor di sistemnya dulu. udah gw kerjain, temen gw yg create vendor juga udah bikin perubahan dan udah dapet approval dari supervisornya. Semua itu udah kelar di hari Jum'at. Okay, kita bisa maklum kalau dari finance gak bisa ngerjain hari itu juga. Ekspektasi kita hari kerja berikutnya proses akan jalan.
Senin pagi, seluruh perusahaan miting di hotel yang waktu tempuh dari kantor gak sampai 10 menit. Gw sama temen gw yg create vendor dateng dulu ke kantor. Gak ada pesen apa-apa, bahkan email juga. Dengan tenangnya gw jalan ke lokasi miting. Di sana gw ketemu sama si orang finance ini, dan pas gw tanyain ke dia status pembayarannya, dengan entengnya dia bilang gak akan jalan, soalnya dia gak ke kantor hari ini jadi gak bisa ngirim ato terima email, titik. Gak ada solusi ato saran yang dia kasih ke kita. Dan seharian itu gw sama temen gw 'pembuat vendor' diteleponin terus sama vendor nanyain pembayaran. Sorenya gw gak sempet ketemu langsung sama si orang finance itu, jadinya gw kirim SMS ke dia. Minta tolong supaya dia ngebayar tagihan vendor, sampe gw tanya, apalagi yang harus gw kerjain supaya pembayaran bisa jalan hari ini (Selasa).
Pagi ini gw sengaja dateng ke kantor agak pagian. Dari kantor gw coba telepon si orang finance itu, tapi teleponnya mati. Sampe gw harus berangkat ke tempat miting, dia belon nongol juga. Ya udah, gw berangkat deh. Dan bener aja, dia udah di sana, duduk dengan tenangnya tanpa perasaan bersalah sama sekali. Pas gw tanyain kenapa dia gak ke kantor dulu untuk ngejalanin pembayaran, dengan cueknya dia bilang kalo dia langsung ke hotel tempat miting. Gak ada kata-kata minta maaf, keterangan lainnya... That's it. 'Gue kan langsung ke sini..'. Gw udah gak bisa ngomong apa-apa lagi. Gw langsung balik badan, banting tas gw di meja laen. Soalnya kalo gw lebih lama di depan muka tu orang, udah gw tonjok kali...
Gw coba untuk bukain email dia dari hotel, tapi karena koneksinya yang gak bagus, gagal. Dan selama gw nyoba, dia dengan cueknya jalan-jalan, becanda, makan. Gak ada perhatian, nanya, maaf satu pun yang keluar dari dia. Begitu gagal, gw udah gak tau mo ngapain lagi, gw lapor ke supervisor gw. Akhirnya supervisor gw bilang ke supervisor si orang finance ini.
Abis break makan siang, gw liat dia jadi makin kesel. Temen satu departemennya, bahkan supervisornya bela-belain ninggalin miting, dia dengan tenangnya tinggal di situ. Padahal kalo diperhatiin, materi miting udah gak ada yang relevan sama dia. Kalo' misalnya dia gak ada pending item yang nunggu sih dia mo jungkir balik juga gak apa-apa buat gw. Dan kalo' pending item itu cuman ngaruh ke gue ato internal perusahaan sih gw juga mungkin agak akan sesebel sekarang. Tapi ini kan masalahnya ke luar perusahaan. Usaha orang yang kita rugiin. Nama perusahaan, belon lagi nama gw dan temen gw 'pembuat vendor'.
Setelah supervisor si orang finance ini balik ke miting, dia bilang ke gw kalo si orang finance itu udah ngeverify data yang diubah, tapi dia emang belon minta untuk pembayarannya dijalanin. Sang supervisor sih udah ngetake over dan minta untuk proses pembayaran dijalanin, tapi kan tetep baru efektif besok. Buat gw (mungkin karena udah sebel duluan) gw gak peduli langkah apa yang belon dijalanin. Intinya kan si orang finance tau masalah yg gw adepin, dan dia gak nolong kita sama sekali dengan tindakannya, atau ketiadaan tindakannya tersebut. Padahal gw udah nanya ke dia apalagi yang bisa gw bantu, udah gw ingetin pas hari Senin...

Emang bener kata orang, "karena nila setitik, rusak susu sebelanga". Si orang finance ini tadinya adalah salah satu orang yang gw percaya, gw anggep temen yang bisa diajak becanda bareng. Dia bahkan gw ajak jadi panitia acara kantor hari Rabu besok. Tapi sekarang, ngomong ama dia aja kaya'nya males gw kalo' gak ada hal yang penting. Dia katanya gak bisa dateng besok ke acara makan malem perusahaan gw. BAGUSLAH...!!!

No comments: